Tenggelam karena CPO Naik

        Akhir-akhir ini harga CPO terus merangkak naik karena permintaan CPO sebagai biofuel yang terus meningkat di pasaran internasional. Tentu saja hal ini memberi imbas pada naiknya harga turunan CPO, diantaranya minyak goreng dan margarin. Padahal minyak goreng adalah kebutuhan pokok masyarakat dan juga sebagai bahan baku sebagian industri makanan. Jadi kenaikan harga CPO sangat memberi dampak bagi kehidupan sosial ekonomi bangsa kita.

        Terus terang, kenaikan harga CPO juga memberi dampak pada salah satu usaha kue kami di Surabaya. Setelah berusaha memperbaiki cashflow karena sistem yang kurang tertata, saat ini kami mengaami ujian dengan kenaikan harga minyak goreng dan margarin. Padahal kue kami dipasarkan untuk masyarakat umum. Sangat sulit bagi kami untuk menaikkan harga, karena masyarakat umum sangat sensitif pada harga. Saat ini kue kami per item kami jual dengan harga seribu rupiah. Harga yang wajar untuk masyarakat bawah dan juga kita tidak repot dengan uang kembalian.

        Beberapa alternatif terpikirkan untuk mengatasi masalah ini. Tentu saja ada 2 alternatif sederhana: menaikkan harga, atau mengurangi ukuran kue (yang berarti mengurangi kualitas). Pada saat ini saingan usaha sejenis dengan pangsa pasar yang sama juga sudah lumayan ketat, terbukti ada warung yang menjual kue sejenis dengan 2 - 3 merk berbeda. Jadi, menaikkan harga untuk kondisi ini bukan merupakan solusi masalah. Alternatif kedua adalah dengan mengurangi ukuran. Tapi hal ini juga susah dilakukan karena ukuran kue juga sudah kecil (Mungkin kebanyakan masyarakat kita memang suka kue yang besar walaupun sedikit kurang enak ya…). Jadi mau tidak mau kami harus bertahan di usaha ini dengan susah payah, tutup, atau ganti strategi. Tentu saja pilihan terakhirlah yang kami pilih, karena pilihan ini merupakan pilihan yang lebih cerdas daripada dua pilihan sebelumnya. Pilihan pertama adalah pilihan pengusaha konvensional umumnya, pilihan kedua adalah pilihan orang yang kalah.

        Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami segera bisa merealisasikan strategi kami ini dan berhasil. Amin. Apa pilihan kami? Jika sebelumnya kami jual kue dengan sistem eceran, maka kami akan jual kue dalam bentuk loyang dalam kardus yang lebih besar. Tentu saja, dengan menambahkan beberapa keuntungan lain bagi konsumen. Pricing? Kami akan menaikkan harga sehingga kami bisa lebih bisa bernafas dengan nyaman. Jika kondisi harga CPO masih seperti saat ini, tentu saja pada akhirnya semua pengusaha kue akan menaikkan harga juga. Nah saat itu kami akan mempunyai 3 piihan: tetap menjual kue 'besar', kembali menjual 'kue kecil', atau yang terakhir kombinasi keduanya. Tampaknya kami tertarik pilihan terakhir lagi… Setidaknya kami melangkah terlebih dahulu…… Siapa cepat dia dapat…. Minimal dapat ilmu dan pengalaman!!!

Hear Your Hearth
Let's take inspired action...