Dari Friendster ke Facebook

Akhir-akhir ini saya sedang asyik main di facebook. Kebetulan juga TDA juga sedang menggalakkan facebook. Pertama-tama males juga mau pindah ke facebook, yang friendster aja gak terurus kok. Namun setelah di kasih tau fasilitas yang ada (waktu itu baru kasih tau kalau kita bisa kirim aplikasi ke temen), wah jadi tertarik nih.


Setelah dicoba, ternyata... wow dahsyat banget.... Terus terang saya jadi dapat solusi dengan friendsterku. Sebelumnya malas login ke friendster karena loadingnya lambat, lay outnya jelek dan gak user friendly. Mau pindah ke bagian2 lain kok repot banget, tulisannya jelek lagi. Yang lebih parah, yang membuat aku gak simpati adalah, Friendster memakai account email kita, dan kirim undangan untuk gabung ke friendster ke email teman-teman kita, baik email pribadi maupun mailing list (apa karena waktu itu pakai yahoo mail ya? yang terkenal banyak spam)


Nah, fasilitas facebook yang aku sukai adalah:



  1. Posisi beberapa aplikasi bisa diubah-ubah terserah kita, walaupun lay out frame-nya gak bisa diubah, ini sudah lumayan.


  2. Kita bisa add friend dengan mudah, bisa klik dari teman kita, tanpa melihat profil teman terlebih dahulu, dan tanpa kita harus tahu alamat email teman kita atau pertanyaan yang lain. Asal kita request (add fiend) dan teman kita approve (setuju), selesai deh. Simple dan cepet.


  3. Kita bisa chat dengan teman kita yang sedang online. Program ini sudah built ini di facebook. Kita juga bisa tahu siapa teman kita yang sedang online (silahkan tambah aplikasinya)


  4. Kita bisa buat link web atau blog kita di profile. Kalau friendster gak bisa kan?


  5. Nah, yang aku suka adalah, kita bisa tambah RSS blog kita, atau juga blog yang lain ke halaman profile facebook kita. jadi dengan membuka facebook kita, teman kita bisa tahu update blog kita.


  6. Ada berbagai macam aplikasi open source atau dari pihak ke tiga yang bisa diinstall di halaman facebook kita.


  7. Kita bisa lebih mudah mengetahui karakter dan sosial kawan kita dari kawan, group, dan aplikasi yang mereka install.


  8. Apalagi ya? silahkan saja dicoba sendiri. SIgn up saja ke www.facebook.com.

www.ekorakhmat.co.cc dan Facebookku

5 comments:

aRuL August 16, 2008 at 8:37 PM

saya juga barusan approve facebooknya ;)

ranids August 17, 2008 at 10:36 AM

hahaha... aku juga udah pindahan dari friendster ke facebook :p sama2 sering gak keurus, tapi kok spt katamu, FB lebih userfriendly, gak ribet, layout nyaman... maap ya FS, aku promosi FB neh :)

btw, sering nulis ku gak juga sih, paling sebulan sekali, pdhl maunya sih lbh sering :( yaah moga2 ntar bisa lbh sering update :)

Anto - Eko Rakhmat August 17, 2008 at 10:57 AM

Merdeka!!
Ayo nulis mbak, kayaknya aku gak sejalan sama teman2 Entropist yang lain.
Saat yang lain rajin nulis, aku malah sedang semangat menurun (alesannya sibuk, dsb). Saat ini sedang rajin nulis, yang lain sedang sepi blognya.

Free Writers September 3, 2008 at 6:51 AM

Setuju mas, awalnya saya juga males ikutan facebook yang friendster aja gak terurus, tapi gara - gara berita detik.com yang berkali - kali muji FaceBook jadi penasaran juga. Coba aja gabung, eh ternyata agak kecewa dengan tampilan sederhananya akhirnya di batalkan. Tapi beberapa waktu kemudian lihat lagi berita dari detik soal facebook. Akhirnya saya coba daftar aja, tidak ada ruginya. Setelah berhasil daftar, senang juga akhirnya.
Alasannya :
1. Featurenya lengkap, kalah friendster juga.

2. Walaupun interfacenya sederhana ternyata saya malah jadi suka, karena loadingnya cepat, terus enak dilihat lagi. Pas aja deh.

3. Gak maksa minta yahoo buat kirim message, gak kayak kebanyak network friend lainnya.

4. Groupnya lebih interactive

5. Terakhir, nyaris tidak ada iklan. Ini baru hebat.

Jadilah resmi saya gabung facebook, dulu dikira karena Amerika minded facebook itu terkenal, tapi memang terbukti deh..

sandi September 14, 2008 at 12:55 PM

aku tetap friendster saja... malas memulai awal lagi ke FB. takut ketagihan juga