Ayo Pindah Gmail: Apa kelebihan Gmail?


Postingan saya kali ini munkin agak melenceng dari tag blog ini. Tapi gak apa-apa, yang penting bermanfaat. kali ini saya akan mengangkat tentang Gmail (Google mail) berdasar pengalaman saya. Email bagi setiap orang saat ini bagaikan kebutuhan pokok. Seperti makanan, kalau rasanya lezat karena sesuai selera tentu akan membuat kita puas.
Nah, langsung ke permasalahan. Mengapa saya mengajak teman-teman untuk memilih Google Mail (selanjutnya disebut .gmail. saja)? Karena featurenya sangat user friendly terutama untuk yang aktif di beberapa mailing list:
  1. Kapasitas email yang besar, dan terus bertambah. Saat ini kapasitas gmail saya lebih dari 7 GB, dan kapasitas ini senanantiasa bertambah. Gratis lagi.
  2. Filter yang tidak terbatas. Teman-teman bisa memilah-milah email ke dalam folder berdasarkan filter kata kunci, bisa dari subjek, asal, dst. Email yang sudah di-filter pun bisa dipilih mau masuk ke inbox atau langsung skip supaya tidak masuk inbox tapi langsung ke folder. Nah, yang lebih hebat lagi, filter ini juga bisa berlaku surut ke belakang. Nggak seperti filter email yang lain. Ada lagi! Filter pun bisa dihapus, alias label email bisa diganti-ganti. Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi teman2 yang punya email harian banyak, apalagi kalau ikut berbagai milist.
  3. Email akan dikumpulan berdasarkan subjek email. nah ini juga menguntungkan. Jadi kita tidak usah pusing2 merunut suatu email reply dari email yang mana. Siapa yang kirim email pertama. Tinggal klik subjeknya, keluar deh semua email dengan subject yang sama.
  4. Dibedakan antara email yang dikirim ke kita khusus atau ke banyak orang, yaitu adanya anak panah di sebelah kiri subject.
  5. Selain filter, kita juga bisa menambahkan star / bintang dan label.
  6. Oh ya, ada lagi dengan filter juga kita bisa langsung menghapus email yang masuk dengan kriteria filter tertentu.
  7. Anda bisa langsung chatting dengan google talk (gtalk) jika Anda memakai versi beta.
  8. Tidak perlu check kontak, baru nulis satu huruf sudahmuncul pilihan2 kontak, seperti kalau kita mau buka alamat web di bar. Kontak menyatu dengan email.
  9. Yang terakhir, seperti juga yang ada di email pertama dari gmail, selalu saja ada yang baru dari gmail.
  10. Jika anda mempunyai website dengan domain sendiri asal ada fasilitas CNAME (dotcom, dot cc, dot net, dsb), anda bisa dapat alamat email gratis dengan alamat email@website Anda. Misal saya karena punya website www.ekorakhmat.co.cc maka saya bisa punya alamat email property@ekorakhmat.co.cc bisnis@ekorakhmat.co.cc dan juga alamat emal yang lain. Terserah, kalau gak salah bisa sampai 500 buah email. Keren kan?
  11. Jumlah email per halaman bisa di set sampai 100 email, tepatnya 100 subject, karena subject yang sama di satukan. Jadi gak perlu buka ke halaman berikutnya terlalu sering.
  12. Fasilitas standar: forward email, searching email (ini berguna banget lho, buat mencari email kita yang sudah berbulan2)
  13. Mendukung Fasilitas POP3 dan IMAP, silahkan dibaca di bagian setting / pengaturan, ada step2nya. Jadi kita bisa buka email offline setelah kita download sebelumnya.

Apa lagi ya? itu dulu deh, yang lain nyusul. Insya Allah. Silahkan ditambahi kalau teman-teman punya saran.

kalau pengen alamat web gratis nama.co.cc , bisa juga buat forward website atau blog, silahkan klik DI SINI. Kalau belum dapat yang gratis, silahkan cari alternatif nama lain. Lumayan, bisa buat alamat email dari gmail yang domainnya nama Anda.

www.ekorakhmat.co.cc forward from www.ekorakhmat.blogspot.om

2 comments:

AyubAdiputra July 22, 2011 at 7:23 PM

Wow...kok saya baru tahu ya kalau bisa bikin alamat email dengan domain sendiri. Kalau hostingnya gratisan blogspot, tapi domain .com bisa nggak?

@kakzaini January 19, 2013 at 3:41 PM

Keren banget. Tapi sayangnya gmail loadingnya lama banget ya....

Komen balik gan ^_^
: konsepmasadepan.blogspot.com