Tips Pasang Iklan untuk Rekrut Karyawan

Rekan-rekan,
berikut ini kami sampaikan beberapa tips bagaimana memasang iklan untuk mencari karyawan yang saya sarikan dari tanggapan teman2 dari berbagai milist. Semoga saja bermanfaat:

Yang sudah saya sendiri lakukan:
Pasang iklan online
http://www.ggkarir.com/ --> lumayan sehari ada sekitar 5-10 pelamar.
http://www.jobinfo.com/ ---> dapat banyak sekali aplikasi. hari kemarin lebih dari 70an.
kalau yang dari http://www.jobinfo.com/ lumayan banyak karena dikelola dengan baik dan mereka professional. saya coba ambil yang free sekalian untuk test juga :).
Sebenernya biar kita bisa tahu siapa yang apply harus bayar. Tapi kita siasati dengan meminta apply ke email kita. wekekekek...... walaupun semuanya apply ke kita, tapi lumayan juga yang apply ke kita.
Karena ini web, jadi yang apply juga nasional.


Tips dari oom Aris Ganteng dan Mas Hatta :
- pasang iklan hari Sabtu
- iklan di halaman sebelah kanan lebih efektif daripada halaman sebelah kiri.
- jenis iklan tergantung sama posisi yang ditawarkan. kalau kary biasa cukup iklan baris. kl karyawan kelas supervisor bagusnya pk iklan gambar
- jenis koran/media lokal/nasinal tergantung kebutuhan karyawan: mau yang skill lokal atau nasional.
- tunjukkan kredibilitas perusahaan ketika menerima lamaran karena dari beberapa orang yang mendapati iklan di koran dan mendatangi perusahaan itu dan penerimaan yg kurang profesional menjadikan kesan negatif dan ini bisa menyebar luas di kalangan pembaca lainnya. tentu image perusahaan jadi kurang bagus sehingga ketika kita menayangkan iklan lagi respon dari pembaca jadi berkurang
- cari karyawan harus sabar. kalau pecat karyawan secepatnya. wekekekek.....

saran dari Mas Edwien dan Mas Riza (TDA joglo):
perekrutan karyawan prefer ambil yang model display daripada model text karena yang saya cari adalah karyawan yang educated. Dan sudah seperti kebiasaan, pasang iklan loker baiknya di hari sabtu dan disesuaikan dengan area target karyawan.

mas Riza (TDA joglo):
Pasang iklan (termasuk juga iklan lowongan kerja) harus customer orientation. Iklan itu untuk siapa, dimana si siapa ini berada, kapan si siapa ini sering muncul.

Mas Tono Solo (TDA Joglo)
Pakai leaflet yang disisipkan dalam koran sebelum di edarkan ke Pelanggan. Jadi harus join sama loper koran.
Ini terbukti efektif jika kita publikasi buka warung misalnya, yang sudah dibuktikan oleh Mas Tono sendiri

Tips dari mas Lutfiel Hakim
1. Hari sabtu memang dikenal sebagai harinya para Job Seeker, jadiefektif untuk iklan. Tetapi hari minggu juga bagus kok. Kalau untukiklan bisnis (bukan lowongan) kira - kira senin sampai kamis.
2. Meski sabtu itu banyak reader, harus ditentukan korannya. Setahusaya, pembaca kompas ada di urutan paling wahid. Mungkin karena branding kompasnya yang bagus dan terpercaya. karenanya, segmentasinyamulai dari menengah (para lulusan D3 atau S1). Tarif iklannya 37.500untuk baris. Sedangkan kolom, dihitung per mili. tanya sama agen,nanti dijelasin. Kalau pos kota, pembacanya cenderung lebih umum. Mungkin juga sesuai jenis pembacanya. Jadi para lulusan SD sampai SMUmenjadi pembaca iklan lowongan paling banyak di Pos kota. Mas Eko maunyari yang mana?
3. Bisa pasang di LOKER. Dia tabloid lowongan kerja Dwi Mingguan. Ini bagus karena tayangnya sampai edisi berikutnya terbit, toh? Pembacanyasangat variatif dari pendidikannya, tapi 100% betul - betul pencarikerja.
4. Cantumkan perkiraan gaji, dijamin banyak peminat.
5. Cantumkan fasilitas kerja (bonus)
6. Cantumkan pendidikan minimal, supaya lebih tersaring
7. cantumkan syarat tertentu seperti penampilan menarik atau punyamotor, biar tidak repot waktu seleksi.
8. Tentukan batas akhir lowongan, biar rebutan.
9. Cantumkan jumlah karyawan yang diinginkan. perbanyak saja tidak apa- apa. Sebab umumnya orang indonesia,"jiper" duluan kalau cuma punyasedikit peluang...misalnya: butuh 1 orang koki (maunya 100 koki, jadidia bisa kepilih jadi koki yang ke 100 :-( )
10. Sampaikan bahwa perusahaan kita adalah perusahaan besar / bonafid
11. Jangan memasang lowongan untuk jabatan rendah seperti OB atau cleaning service, apalagi standar pendidikan rendah.
kalau jabatan itu, mending MLM (mulut lewat mulut) saja. Saya pernah buka lowongan untuk Marketing, Instruktur Bahasa Inggris, Komputer sama KoordKeuangan, terus OB.
Hasilnya? 80% lamaran maunya OB. Ada juga D3 yangmelamar OB. Saya tanya kenapa? Dia bilang nggak punya motorlah, belum pengalamanlah....So sorry kan? Miris!! 15% nya lamar keuangan/adm.

Tambahan info dari Guk seta untuk iklan baris tentang jualan ada di sini

Silahkan disimpulan sendiri. Clue-nya seperti ini:
- Pasang iklan hari Sabtu lebih efektif
- Jenis media: lokal/nasional dan jenis iklan: baris/gambar tergantung jabatan yang dibutuhkan
- Image perusahaan kita jaga
- Deskripsi pekerjaan
- Batas lowongan
- Fasilitas karyawan

Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber

1 comments:

fery December 13, 2013 at 9:55 AM

Kalau mau pasang iklan jual rumah yang paling ampuh dimana ya ... bagi bagi infonya dong.