Hanyalah Segelas Air !


Berapa berat segelas air?





Itulah pertanyaan Stephen R Covey di dalam salah satu seminarnya. Tentunya kita akan menjawab 200 gram ditambah berat gelas….



Jawaban tersebut benar, namun masih kurang tepat. Bahwa beratsegelas air adalah tergantung berapa lama kita memegangnya. Jika kita memegang gelas tersebut sebentar, tentu akan ringan. Coba kita pegang segelas air dalam waktu yang lama. Katakanlah 15 menit saja, makin lama makin berat juga bukan?



Itulah perumpamaan hubungan antara stress (ketegangan) dan masalah / tugas kita sehari-hari. Kita seringkali menganggap masalah kecil tidak berarti sehingga kita mengabaikannya, namun karena lama kita abaikan, maka akhirnya masalah tersebut menjadi beban yang makin berat di kepala kita…..



Efek berikutnya, karena kita sudah tertekan (stress) dengan masalah-masalah kecil, tentunya kita akan kesulitan menyelesaikan masalah-masalah lain yang lebih besar. Dengan kata lain kompetensi yang dimiliki menurun.



Jadi, jangan remehkan masalah-masalah kecil. Segera selesaikan selagi bias. Jangan sampai masalah kecil menjadi besar, dalam pepatah jawa dikatakan “kriwikan dadi grojogan” cucuran air kecil menjadi airterjun.



Stress juga berhubungan dengan urgensi. Suatu hal dianggap sepele jika jeda waktu yangtersedia masih panjang, namun akan menjadi genting jika tenggat wakt yang tersedia sudah terbatas.

0 comments: