Behavioral Style Quadrant: 4 Tipe Kepribadian Seseorang


Masih masalah kepribadian nih... tentang karakter. karena karakter gak ada habis-habisnya untuk dibahas. Dan sebagian masalah yang terjadi bagi umat manusia berhubungan juga dengan masalah karakter. Jika artikel sebelumnya Florence Littauer membagi karakter seseorang menjadi 4 bagian yaitu Kholeris, Melankolis, Phlegmatis dan Sanguinis, maka di dalam artikel ini Social Style Quadrant juga dibagi menjadi empat. Yang menarik adalah, setelah kita tahu karakter kita, maka kita akan tahu juga kelebihan dan kekurangan kita. Kita juga bisa tahu gaya kita dalam berhubungan dengan orang lain dan gaya kita bekerja.

Jika kita bisa mengetahui gaya bekerja rekan kita maka dengan mudah juga kita tahu kelebihan dan kekurangan rekan kita (umumnya kita kan mudah menilai orang lain tapi susah menilai diri sendiri. betul gak? he.. he.. he..). Jadi, semoga saja makin kecil miss understanding nya......

Buat test nya silahkan download di Personal Color Quiz 1 atau Personal Color Quiz 2 kalau yang pertama lumayan lengkap keterangan englishnya di halaman awal, ukuran filenya juga lebih kecil.

Nah, secara umum karakter dibagi menjadi 4: Dominan/Director (Red), Socialize/Influence (Yellow), Cautious / Thinker (Green), dan Relator / Steadyness (Blue). dari namanya sudah bisa kebaca kan?

nah, dari test nanti bisa diketahui warna seseorang yang terdiri dari dua kombinasi, yaitu warna utama dan warna samping. Dengan 4 karakter dasar tersebut akan menjadi kombinasi 12 karakter (ada penjelasan detailnya di program).
kalau melihat gambar / kuadran, maka ada 4 sisi kecenderungan.

- Sisi atas: kombinasi Dominan - Influence
yang membunyai kombinasi ini cenderung berada dalam fast pace atau bergerak cepat, dan tidak sabar.
- Sisi bawah: Kombinasi cautious - Steadyness
Cenderung bersikap santai (lamban)
- Sisi kiri: kombinasi Dominan - Cautious
Cenderung bersifat task oriented alias berorientasi pada hasil, biasanya workaholic.
- Sisi kanan: Kombinasi Influence - Steadyness
Cenderung berorientasi pada hubungan, mementingkan persahabatan, keluarga, dsb

Kalau menyilang? berarti boleh dikata hampir seimbang jadinya.

Udah ah, yang lain keterangannya ada di program kok, Silahkan saja download dan ikuti testnya. Oh ya kejujuran sangat menentukan hasil.....

1 comments:

senior_admin November 12, 2011 at 9:15 PM

Thank u ya buat artikel ini, karena menambah wawasan saya mengenai 4 tipe kepribadian manusia. -Rudyanto Lay