Akhirnya Ketemu Partner (baca: Guru)

Postingan kali ini, mungkin jawaban dari beberapa pertanyaan saya yang masih menggantung di kepala: Tujuan utama pindah dari Prabumulih ke Duri adalah mencari waktu luang supaya bisa usaha, tapi kok jalannya masih belum lancar ya?...

Sore kemarin, selasa 14 mei, setelah pulang dari kantor, saya langsung menuju rumah Seseorang. Siapa dia? dia adalah paman Pak Roni (www.roniyuzirman.blogspot.com) dari pihak istri. Walaupun baru pertama bertemu, obrolan langsung akrab seolah2 kita adalah teman lama. Mulanya obrolan tentang keluarga, namun tidak berlangsung lama, kemudian ganti topik ke bisnis. (Sebenarnya ngobrol tentang keluarga maupun bisnis sama saja, karena sebagian keluarga beliau adalah pedagang, termasuk Pak haji Alay tentunya). Biarpun sudah hampir pensiun di TDB-nya, beliau masih punya semangat muda untuk tetap berusaha. Bahkan, buka blog Pak Roni adalah acara wajib beliau begitu sampai di kantor.
Dari obrolan dengan beliau, alhamdulillah bayangan jenis2 usaha di Duri-Riau semakin nampak. mengingat beliau sudah 30 tahun lebih ada di daerah ini, Insya Allah beliau lebih paham masalah kebutuhan pasar di Duri.
Dalam obrolan tersebut, beliu juga bercerita tentang usaha pertamanya yang diawali dengan sedikit keterpaksaan karena ingin membantu kakak ipar di kampung. Semula berjualan beras dari 500 kg / bulan, hingga rutin mencapai 7 - 8 ton / bulan. Bahkan usaha ini masih berjalan sampai saat ini dengan membuka ruko di pinggir jalan raya.
Dari usaha beras itulah beliau menjalani usaha2 yang lain, terutama barang2 kelontong hingga pakaian. Saat usaha beras mulai maju, ada tetangga yang memberi saran: tolong sedia ini juga, beliau coba, ternyata laris juga.
Suatu kali beliau pulang ke bukit tinggi untuk belanja lebaran, saudara menyarankan beli yang banyak sekalian biar dapat murah, sisanya dijual di Duri. Dia jalani, alhamdulillah laris juga. Untuk masalah fashion, beliau punya cara unik untuk jualan: si anak yang masih kecil dijadikan model. Jadi ketika si anak bermain ke tetangga, banyak tetangga yang tertarik, dan akhirnya datang ke tempat beliau. Akhirnya dagangan habis, bahkan sempat tidak kebagian baju lebaran untuk keluarga sendiri.
hal yang sama beliu lakukan waktu berkunjung ke tempat2 lain. Hingga beliau pernah jualan duku dari palembang dan Durian dari SUmatra barat. Semuanya hanya dijual di depan rumah dan Laku!!!

sayangnya, menurut Beliau, saat ini daya beli masyarakat sekitar sedang turun. Omset beberapa usaha BEliu sedang turun.
Tapi Insya Allah ada usaha yang masih tetap memberi harapan. Doakan saja supaya kami bisa menjalaninya. AMin

Hikmah:
Dari perjalanan saya: Allah memberi jawaban pertanyaan saya lewat beliau. Dan alhamdulillah banyak sekali jawaban2 yang Allah berikan..... Jaawaban itu tidaklah susah dan sukar. Jawaban itu ada di sekitar kita, atau bahkan di dalam diri kita sendiri. Seandainya kita mau benar2 mencari, dan memikirkannya

Dari perjalanan paman Pa ROni: Saat yang paling susah adalah saat membuka jalan. Jika jalan terbuka, kita akan udah melakukan yang lainnya.

Insya Allah saya akan dapat banyak belajar dari Beliau.
Amin


note: harusnya artikel ini di publish 2 minggu yang lalu, tapi gak tahu cara loginnya. jadi baru login sekarang.

0 comments: